Analisis Pengendalian Internal atas Pemberian Kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Balo’ta Cabang Bonggakaradeng

  • Teri Teri Teri Universitas Fajar
  • Nurbayani Nurbayani Universitas Fajar
  • Muliana Muliana Universitas Fajar
  • Gladys Novitasari Universitas Fajar
Keywords: Sistem Pengendalian Internal, coso, Koperasi Simpan Pinjam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengendalian internal dalam pemberian kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Balo’ta Cabang Bonggakaradeng Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lingkungan Pengendalian, prosedur dan kebijakan dilakukan oleh individu berdasarkan kompetensinya. Penilaian Risiko terjadinya kesalahan dalam penempatan karyawan, sosialisasikan penggunaan teknologi informasi baru, dan prosedur kerja yang jelas guna mengurangi penipuan dan kesalahan. Pada aktivitas Pengendalian terdapat peraturan dan prosedur yang mengatur pengajuan kredit, proses angsuran, dan proses pelunasan. Sistem informasi telah diterapkan untuk mengelola informasi dan komunikasi. Dalam proses pemantauan, kepala cabang dan petugas lapangan bertanggung jawab melakukan pemantauan untuk menilai aktivitas pemberian kredit dan mengambil tindakan korektif jika terdapat kesalahan atau kelemahan dalam pengendalian internal dalam pemberian kredit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. W. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan. Mitra Wacana Media,2018. https://www.mendeley.com/reference-manager/library/all-references

Anggito & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Vol. Cetakan Pertama,2018 (D Lestaei, Ed.). CV Jejak.

Ariska Putri. (2022). Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Pemberian Kredit Angsuran Fidusia Pada PT. Pegadaian(Persero) Unit Pelayanan Cabang Perawang.

COSO. (2013). Internal Control-Integrated Framework Executive Summary Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission.

Bisnis, A., & La Tansa Mashiro, S. (n.d.). Jurnal Studia Pengaruh Sistem Pengendalian Internal dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Koperasi Di Kecamatan Rangkasbitung Paniran *.

Desa, R., Sumbul, Y., Mendoyo, K., Jembrana, K., Yahya, A., & Suwena, K. R. (2021). History: Sistem Pengendalian Intern Dalam Pemberian Kredit Usaha Masyarakat di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tirta. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Undang-Undang No 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro. (2013). Lembaran Negara Republik Indonesia. www.djpp.depkumham.go.id

Mulyadi. (2011). Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen (3rd ed.). Salemba Empat.

Palallo. (2022). Analisis Pengendalian Internal Terhadap Efisiensi Usaha.
Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi, Peraturan Pemerintah Indonesia No.9 Tahun 1995.

Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi. Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 20 /Per/M.KUKM/XI/2008.

Remak. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Intern Dalam Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Balo’ Toraja.

Ryan Krisna Satriadi, K., & Wayan Yulianita Dewi, N. (2020). Penerapan Asas Kekeluargaan Dalam Sistem Pengendalian Internal Pemberian Kredit di Koperasi Kredit Swastiastu. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 11, Issue 3)

Wibisono. (2022). Sistem Pengendalian Manajemen Pemberian Kredit Dalam Meminimalkan Kredit Bermasalah.Darmayanti, F. E., dan Sanusi, F. 2018. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan. Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1).
Published
2023-12-22
How to Cite
Teri, T., Nurbayani, N., Muliana, M., & Novitasari, G. (2023). Analisis Pengendalian Internal atas Pemberian Kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Balo’ta Cabang Bonggakaradeng. Tangible Journal, 8(2), 179-191. https://doi.org/10.53654/tangible.v8i2.428