Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Di Jakarta Islamic Index (JII)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh leverage,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan islamic social
reporting terhadap pengungkapan islamic social secara parsial dan secara
simultan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling, terdapat 10 perusahaan yang memenuhi kriteria sampling. Metode
analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis
linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR, ukuran perusahaan
berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan ISR, profitabilitas
berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan ISR dan secara simultan
leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap
pengungkapan ISR.
Downloads
References
Affandi, H., & Nursita, M. (2019). Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran
Perusahaan: Sebuah Analisis Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan
yang Terdaftar di JII. Majalah Ilmiah Bijak, 16(1), 1–11.
https://doi.org/10.31334/bijak.v16i1.318
Agtriyanti, R., & Setiawati, E. (2020). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic
Social Reporting (ISR) (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI yang
Tergabung pada JII Periode 2014-2018). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 47–58.
Alawiyah, R. G. M. & T. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan
Dewan Komisaris Independen Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting
(ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal STIE Ekonomi,
(02), 57–77.
Arianugrahini, I., & Firmansyah, E. A. (2020). Determinan Pengungkapan Islamic
Social Social Reporting (ISR) pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia
(Determinants of Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure at Islamic Commercial
Banks in Indonesia). Islamic Banking and Finance Journal, 4(2), 88–
https://doi.org/10.21070/perisai.v4i2.841
Desinka Putri. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap
Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index
(JII). Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1).
Ella Anggraeni. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan
Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporing (Studi
Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jii Periode Tahun 2013-2017.
Universitas Semarang.
Fauzani. (2021). Screening Saham Syariah dan Impelemtasinya Terhadap
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Daftar Efek Syariah
(Zulkifli (ed.)). Serang : A-Empat.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini
Dalam Bidang Akuntansi Dan Keuangan (A. Pranomo (ed.)). Jakarta : PT
Grasindo, Anggota IKAPI.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia Badan Pengawas Pasar Modal dan
Lembaga Keuangan Salinan Keputusan Badan Pengawasan Pasar Modal dan
Lembaga Keuangan Nomor :KEP/347/BL/2012 Tentang Penjian dan
Pengungkapan Laporan Keuangan Emitmen Atau Perusahaan Pu. (2012).
https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Muhammad Imam Syairozi. (2019). Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur
Dan Perbangkan. Magelang : Tidar Media.
Nawang Kalbuana. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kinerja Lingkungan
Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada
Perusahaan yang Terdaftar di JII Tahun 2013-2017). AKTSAR: Jurnal Akuntansi
Syariah, 2(2), 233. https://doi.org/10.21043/aktsar.v2i2.6037
Prasetyoningrum, A. K. (2018). Leverage, Efisiensi Biaya, dan Umur Perusahaan
Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia.
Malia : Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 147–162.
Rahayu, S. (2019). Profitabilitas dan Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Islamic
Social Reporting Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index. Jurnal
Mutiara Akuntansi, 4(1), 1–9.
Rizfani, K. N., & Lubis, D. (2019). Pengungkapan Islamic Social Reporting pada
Perusahaan di Jakarta Islamic Index. Al-Muzara’ah, 6(2), 103–116.
https://doi.org/10.29244/jam.6.2.103-116
Santika, A. (2019). Pengaruh Islamic Social Reporting terhadap Profitabilitas (Return
on Asset dan Return on Equity) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Falah:
Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 1. https://doi.org/10.22219/jes.v4i2.9870
Sari, M. S., & Helmayunita, N. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap
Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Perusahaan yang
Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2013-2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi,
(2), 751–768.
Sulistyawati, A. I., & Indah, Y. (2017). Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada
Indeks Saham Syariah Indonesia. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 13(2), 15–27.
https://doi.org/10.24127/akuisisi.v13i2.166
Syafirudin, A. (2021). Pengaruh Leverage Terhadap Profabilitas Dan Return Saham Dengan
Intervening Asset Growth. Bantul : Penerbit KBM Indonesia.
Tantri Puji Rahayu. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan
Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index
Periode 2010-2013. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 109.
Widiyanti, N. W., & Hasanah, N. T. (2018). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic
Social Reporting (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta
Islamic Index Tahun 2011 - 2015). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2),
Copyright (c) 2024 Siswadi Sululing, Wiliyanti Konaya, Teri Teri Teri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.