Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Di Jakarta Islamic Index (JII)

  • Siswadi Sululing Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Wiliyanti Konaya Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Teri Teri Teri Universitas Fajar
Keywords: Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Islamic Social Reporting

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan adanya pengaruh leverage,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan islamic social
reporting terhadap pengungkapan islamic social secara parsial dan secara
simultan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling, terdapat 10 perusahaan yang memenuhi kriteria sampling. Metode
analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis
linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR, ukuran perusahaan
berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan ISR, profitabilitas
berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan ISR dan secara simultan
leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap
pengungkapan ISR.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, H., & Nursita, M. (2019). Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran

Perusahaan: Sebuah Analisis Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan

yang Terdaftar di JII. Majalah Ilmiah Bijak, 16(1), 1–11.

https://doi.org/10.31334/bijak.v16i1.318

Agtriyanti, R., & Setiawati, E. (2020). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic

Social Reporting (ISR) (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI yang

Tergabung pada JII Periode 2014-2018). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 47–58.

Alawiyah, R. G. M. & T. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan

Dewan Komisaris Independen Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting

(ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2018. Jurnal STIE Ekonomi,

(02), 57–77.

Arianugrahini, I., & Firmansyah, E. A. (2020). Determinan Pengungkapan Islamic

Social Social Reporting (ISR) pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia

(Determinants of Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure at Islamic Commercial

Banks in Indonesia). Islamic Banking and Finance Journal, 4(2), 88–

https://doi.org/10.21070/perisai.v4i2.841

Desinka Putri. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap

Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index

(JII). Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1).

Ella Anggraeni. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Dan

Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporing (Studi

Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jii Periode Tahun 2013-2017.

Universitas Semarang.

Fauzani. (2021). Screening Saham Syariah dan Impelemtasinya Terhadap

Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Daftar Efek Syariah

(Zulkifli (ed.)). Serang : A-Empat.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini

Dalam Bidang Akuntansi Dan Keuangan (A. Pranomo (ed.)). Jakarta : PT

Grasindo, Anggota IKAPI.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia Badan Pengawas Pasar Modal dan

Lembaga Keuangan Salinan Keputusan Badan Pengawasan Pasar Modal dan

Lembaga Keuangan Nomor :KEP/347/BL/2012 Tentang Penjian dan

Pengungkapan Laporan Keuangan Emitmen Atau Perusahaan Pu. (2012).

https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Muhammad Imam Syairozi. (2019). Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur

Dan Perbangkan. Magelang : Tidar Media.

Nawang Kalbuana. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kinerja Lingkungan

Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada

Perusahaan yang Terdaftar di JII Tahun 2013-2017). AKTSAR: Jurnal Akuntansi

Syariah, 2(2), 233. https://doi.org/10.21043/aktsar.v2i2.6037

Prasetyoningrum, A. K. (2018). Leverage, Efisiensi Biaya, dan Umur Perusahaan

Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia.

Malia : Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 147–162.

Rahayu, S. (2019). Profitabilitas dan Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Islamic

Social Reporting Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index. Jurnal

Mutiara Akuntansi, 4(1), 1–9.

Rizfani, K. N., & Lubis, D. (2019). Pengungkapan Islamic Social Reporting pada

Perusahaan di Jakarta Islamic Index. Al-Muzara’ah, 6(2), 103–116.

https://doi.org/10.29244/jam.6.2.103-116

Santika, A. (2019). Pengaruh Islamic Social Reporting terhadap Profitabilitas (Return

on Asset dan Return on Equity) Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Falah:

Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 1. https://doi.org/10.22219/jes.v4i2.9870

Sari, M. S., & Helmayunita, N. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance terhadap

Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris pada Perusahaan yang

Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2013-2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi,

(2), 751–768.

Sulistyawati, A. I., & Indah, Y. (2017). Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada

Indeks Saham Syariah Indonesia. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 13(2), 15–27.

https://doi.org/10.24127/akuisisi.v13i2.166

Syafirudin, A. (2021). Pengaruh Leverage Terhadap Profabilitas Dan Return Saham Dengan

Intervening Asset Growth. Bantul : Penerbit KBM Indonesia.

Tantri Puji Rahayu. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan

Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index

Periode 2010-2013. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 109.

Widiyanti, N. W., & Hasanah, N. T. (2018). Analisis Determinan Pengungkapan Islamic

Social Reporting (ISR) (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta

Islamic Index Tahun 2011 - 2015). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2),

https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3013

Published
2024-06-01
How to Cite
Sululing, S., Konaya, W., & Teri, T. (2024). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Di Jakarta Islamic Index (JII). Tangible Journal, 9(1), 135-146. https://doi.org/10.53654/tangible.v9i1.468