Pengaruh Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak terhadap Penerimaan Pajak

  • Teri Teri Teri Universitas Fajar
  • Yohanis Rura Universitas Hasanuddin
Keywords: pemeriksaan pajak, penagihan pajak, penerimaan pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh antara pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap penerimaan pajak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pajak yang bekerja di Kantor Pajak Pratama Makassar Selatan. Metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh sehingga seluruh sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak. Hal sama juga ditemukan pada hasil uji antara penagihan pajak dengan penerimaan pajak. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik pemeriksaan dan proses penagihan pajak yang dilakukan, maka akan semakin besar pula penerimaan pajak yang diperoleh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, Agus Toly. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sawahan). Skripsi. Surabaya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Petra

Fahrul, Ahmad. 2016. Pengaruh Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Skripsi. Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Febriyanti, Irma 2013. Kewajiban Kepemilikan NPWP dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Jakarta Selatan) Skripsi. Jakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi Ketiga:Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hernadi, Irman. 2012. Pengaruh Penagihan Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus pada Kantor Pajak Wilayah Jabar I). Skripsi. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Indira Mohammad, David P.E Saerang, Sonny Pangerapan. 2007. Pengaruh Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal Riset Akuntansi Concern, 12: 938-949

Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Putra, Ade. 2018. Pengaruh Kewajiban Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Pada KPP Pratama di Wilayah Kota Pekanbaru). Skripsi. Riau. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Resiana, Monica. 2017. Pengaruh Kewajiban Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Pada KPP Pratama Bandar Lampung). Skripsi. Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Rosyid, Aliva Nur. 2016. Pengaruh Kewajiban Kepemilikan NPWP, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ponogoro). Skripsi. Ponogoro. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponogoro.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. 2011. Pengaruh Manajemen Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak. Analisis Manajemen, Vol.5, No 1

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan.

Published
2023-06-15
How to Cite
Teri, T., & Rura, Y. (2023). Pengaruh Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak terhadap Penerimaan Pajak. Tangible Journal, 8(1), 19-31. https://doi.org/10.53654/tangible.v8i1.312