Pengaruh Metode Belajar Terhadap Mahasiswa STIE Tri Dharma Nusantara Makassar
Abstract
Penelitian ini menganalisis apakah ada pengaruh metode belajar terhadap kelas eksperimen yang diperbandingkan dengan kelas kontrol pada mahasiswa/wi STIE Tri Dharma Nusantara Makassar. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder . Dari hasil penelitian diperoleh nilai t hitung (equal variance not assumed) adalah 2.581 . Pada signifikansi 0.05 : 2 = 0.025 (uji 2 sisi) dengan derajad kebebasan (df), n – 2 atau 90 – 2 = 88 , diperoleh t tabel sebesar 1.9867 . Perbandingannya, nilai t hitung > t tabel (2.581 > 1.9867) dan signifikansi < 0.05 (0.000 < 0.05), maka dengan demikian hipotesis disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata perolehan nilai antara kelas M-S2A dan M-K2A.