Analisis Pemasaran Ayam Kampung (Gallus Domesticus) Di Kabupaten Gowa
Abstract
Analisis pemasaran ayam kampung (Galius Domesticus) di Kabupaten Gowa diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pemasaran ayam kampung di Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemasaran ayam kampung di Kabupaten Gowa dilihat dari pendekatan Structure-Conduct-Performance atau SCP (Struktur Pasar, Perilaku Pasar dan Penampilan Pasar). Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Manuju Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner dengan metode non probability secara purposive. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dalam dua tahapan yakni pengambilan sampel lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran ayam kampung dan peternak ayam kampung itu sendiri dengan menggunakan analisis struktur pasar, analisis prilaku pasar, dan analisis penampilan pasar berdasarkan margin pemasaran, farmer share, rasio keuntungan dan biaya pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan struktur pasar, perilaku pasar dan penampilan pasar (S-C-P), pemasaran ayam kampung di kecamatan Manuju kabupaten Gowa belum efisien. Hal ini dapat dilihat dari; struktur pasar, karena pasar mengarah pada pasar persaingan tidak sempurna dengan bentuk pasar oligopsoni terutama ditingkat lembaga pemasaran. Perilaku pasar, karena peternak hanya bertindak sebagai price taker, tidak ada kerjasama yang melibatkan sesama peternak dalam penentukan standar harga dan peternak tidak melakukan promosi dan diferensiasi produk yang menonjol sehingga nilai jual rendah dan pengaruhnya terhadap penampilan pasar adalah distribusi margin pemasaran dilokasi penelitian tidak merata dan cenderung lebih besar pada tingkatan pedagang seperti pedagang pengumpul kecamatan dan pedagang besar/grosir dan hal ini kemudian berdampak terhadap kurangnya minat peternak membudidayakan ayam kampung secara intensif.