Evaluasi Kinerja Dalam Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Honorer Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang

  • Nurhaedar Nur Politeknik Informatika Nasional
Keywords: evaluasi kinerja, kompetensi pedagogik, peningkatan mutu pembelajaran siswa

Abstract

        Sekarang ini yang berperan aktif dalam proses pembelajaran siswa disekolah dasar adalah guru  honorer. Hasil evaluasikinerja guru honorer SDN di kecamatan patampanua kabupaten Pinrang berdasarkan survey jawaban quisioner responden dengan indicator dominan (1)Guru honorer cukup mampu merumuskan tujuan pembelajaran sebanyak 45 orang atau persentase 30%,(2) Cukup menguasai materi  pembelajaransebanyak 67 orang atau persentase 50,06% (3) Cukup mampu merumuskan kegiatan pembelajaran seperti langkah-langkah pembelajaran, alat  dan sumber bahan ajar yang digunakansebanyak 81orang atau 64,08% (4) Cukup mampu mengukur keberhasilan murid sebanyak 75 orang atau 60% dari jumlahkeseluruhan responden 125 orang atau 100%, Jika dilihat hasil  persentase penilaian kinerja tersebut, menandakan kompotensi guru honorer masih tergolong rendah .Dalam artian  kompotensi pedagogiknya belum diterapkan secara maksimal .   Oleh karena itu dirumuskan tujuan penelitian yaitu mengembangkan SDM para guru honorer untukmewujudkan kompotensi pedagogic melalui impelementasi pelatihan pengembangan kompetensi pedagogic  (guru honorer sekolah dasar) melalaui penelitian tindakan kelas Metode penelitian yang digunakan adalah  pengembangan (reseach action  and Development) dengan model tindakan implementasi Pelatihan penyusunan dan teknik penulisan laporan analisis tindakan kelas (ATK) Hasil dari penelitian ini yaitu para Guru honorer mampu : (1) mengevaluasi diri dan melakukan pengembangan kinerja (2) Mengelola Program Belajar-Mengajar.mampuMerumuskan tujuan instruksional/pembelajaran,mengenal dan dapat menggunakan proses instruksional yang tepat dengan model aneka sumber. melaksanakan program belajar-mengajar.mengenal kemampuan anak didik merencanakan dan melaksanakan program remedi. (3) Menganalisa situasi pembelajaran dan menyusunlaporan analisis tindakan kelas  (ATK),serta melakukan pengembangan pengetahuan,keterampilan dan prilaku dalam sistem pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran

Published
2020-01-23
Section
Articles