Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Briket (CV. Arang Surabaya Campalagian Polman)

  • Sumarsih Sumarsih Universitas Sulawesi Barat
Keywords: inovasi, kualitas produk, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh inovasi  dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di CV. Arang Surabaya Campalagian Polman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Constanta = 0.859 menunjukkan nilai konstan, dimana jika nilai variabel  independen sama dengan nol, maka kepuasan  konsumen di CV. Arang Surabaya Campalagian Polman (Y)  =  0.859. Koefisien  regresi inovasi (X1)  sebesar  0.192  artinya  jika variabel  independen  lain  nilainya  tetap  dan  X1  mengalami  kenaikan 1%, maka kepuasan  konsumen di CV. Arang Surabaya Campalagian Polman mengalami kenaikan sebesar 0.859. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara inovasi dengan kepuasan konsumen di CV. Arang Surabaya Campalagian Polman, semakin  meningkat inovasi maka kepuasan  konsumen semakin meningkat.  Koefisien regresi kualitas produk (X2) sebesar 0.742; artinya jika variabel  independen  lain  nilainya  tetap  dan  X2  mengalami  kenaikan  1%,  maka kepuasan  konsumen mengalami kenaikan sebesar 0.859. Koefisien  bernilai  positif  artinya  terjadi  hubungan  positif  antara  kualitas produk dan kepuasan  konsumen,  semakin  meningkat kualitas produk maka kepuasan  konsumen semakin meningkat.

Published
2019-08-13
Section
Articles