Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Asyra Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasanan Pelanggang pada Hotel Asyra Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Hotel Asyra Makassar, dengan pertimbangan bahwa data dan informasi yang dibutuhkan mudah diperoleh dan relevan dengan pokok permasalahan. Obyek penelitian ialah Pelanggang Hotel Asyra Makassar. Populasi terdiri keseluruhan Pekanggang yang inap di Hotel Asyra Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini, adalah pelanggang yang inap di Hotel Asyra pada bulan Mei 2019 yang berjumlah 180 pelanggang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). kontibusinya terbesar dari kualitas layanan adalah dimensi reliability and trustworthiness, terutama indikator menjadikan nasabah sebagai mitra dan indikator perusahaan selalu memenuhi kewajibannya. Sedangkan yang paling kecil adalah attitudes and behavior, seperti kesiapan petugas dalam membantu saat masuk, inap dan saat keluar hotel dan kesiapan petugas dalam memberi penjelasan ulang tentang hak dan kewajiban pelanggang; (2). Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggang pada Hotel Asyra Makassar, dan kontribusi terbesar adalah reliability and trustworthiness.