PERAN MEDIASI ADOPSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA INDUSTRI KREATIF DI KOTA MAKASSAR

(Studi Kasus Generasi Z Pelaku Industri Kreatif)

  • Yusrianti Yusrianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • Nur Aisyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • Ratna Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
  • arman kamal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara
Keywords: adopsi media sosial, industri kreatif, generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi adopsi media sosial pada hubungan antara variabel TOE (technological-organizational-environmental) terhadap kinerja industri kreatif yang dikelola wirausaha generasi Z. Survei dilakukan terhadap pelaku industri kreatif dengan berbagai macam usaha seperti busana fashion, musik, animasi video, kuliner di Kota Makassar provinsi Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan dari 100 responden dengan menggunakan simple random sampling. Metode analisis menggunakan eksplanatori dengan alat analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik teknologi dan lingkungan berpengaruh positif terhadap adopsi media sosial dan kinerja industri kreatif. Namun karakteristik organisasi tidak berpengaruh terhadap adopsi media sosial dan kinerja industri kreatif. Adopsi media sosial mampu memediasi pengaruh karakteristik teknologi dan karakteristik lingkungan terhadap kinerja industri kreatif.

Published
2024-08-22
Section
Articles