Analisis Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Karyawan Pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Tri Agro Palma Tamiang Kabupaten Aceh Tamiang

  • Safrizal Safrizal Universitas Samudra
  • Siti Mutiara Universitas Samudra
  • Riny Chandra Universitas Samudra
Keywords: Fokus kepada pelanggan, Perbaikan berkesinambungan, Pemberdayaan SDM, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fokus pada pelanggan dan perbaikan berkesinambungan terhadap kinerja karyawan pada PT. Tri Agro Palma Tamiang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 3,199 + 0,224X1 + 0,271X2 Fokus pada pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Tri Agro Palma Tamiang dengan nilai t sig. sebesar 0,012<0,05. Perbaikan berkesinambungan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Tri Agro Palma Tamiang dengan nilai t sig. sebesar 0,025<0,05. Fokus pada pelanggan dan perbaikan berkesinambungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai karyawan pada PT. Tri Agro Palma Tamiang dengan nilai F sig. sebesar 0,000<0,05. Dari uji koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa variabel fokus pada pelanggan, perbaikan berkesinambungan dan pemberdayaan SDM mempengaruhi kinerja karyawan pada PT. Tri Agro Palma Tamiang sebesar 61,1%, sedangkan sisanya 38,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Published
2024-01-31
Section
Articles