PENGARUH HUMAN CAPITAL, STRUCTURAL CAPITAL, COSTUMER CAPITAL DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM BIDANG KULINER BERLABEL HALAL DI KOTA MAKASSAR

  • Rusdi Raprayoga Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rusnawati Rusnawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran yang sangat besar. Potensi UMKM di Indonesia dapat menjadi faktor utama penggerak ekonomi bisnis. Salah satu yang harus dilihat yaitu pembangunannasional di Indonesia pada bidang perekonomian usaha mikro, kecil menengah (UMKM) telah memberikankontribusi dalam perkembangan perekonomian secara nasional maupun lokal, salah satunya adalah melaluipajak. UMKM merupakan penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan pengetahuan Human Capital, Structural Capital,Costumer Capital dan Inklusi Keuangan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses dan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan secara efektif. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana Pengaruh Human capital, Structural Capital, Costumer Capital, dan inklusi Keuangan terhadap kinerja UMKM Bidang Kuliner berlabel Halal di Kota Makassar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 150 responden pada pelaku UMKM bidang Kuliner berlabel Halal di Kota Makassar dengan penarikan sampel menggunakan rumus Hair. Dengan pengolahan data menggunakan SmartPLS (Parcial Least Square) versi 4.Aplikasi ini juga digunakan untuk menguji atau mengetahui bagaimana hubungan variabel Human capital, Structural Capital, Costumer Capital, dan inklusi terhadap kinerja UMKM Bidang Kuliner berlabel Halal di Kota Makassar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Human capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM, Structural Capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM, Costumer Capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM, dan Inklusi Keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM Bidang Kuliner berlabel Halal di Kota Makassar.

Kata Kunci : Human capital, Structural Capital, Costumer Capital,  Inklusi Keuangan dan Kinerja

Published
2023-07-30
Section
Articles