Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang

  • Muhammad Nadhar Universitas Islam Makassar
  • Abd Azis Universitas Islam Makassar
Keywords: tingkat pendidikan, pengalaman kerja, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Populasi penelitian ini adalah seluruh  guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang sebanyak 24 orang. Berdasarkan jumlah populasi yang hanya 24 orang, maka tidak ditarik sampel dalam artian penelitian populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik statisitik infersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gambaran tingkat pendidikan guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang memiliki  tingkat pendidikan yang cukup memadai dalam hal ini dapat menunjang pekerjaan sehari-hari. Hal ini membuktikan bahwa guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang 100 persen memiliki tingkat pendidikan sarjana (S1) dalam hal ini dapat menunjang pekerjaan sehari-hari. Gambaran pengalaman kerja guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang cukup matang, hal ini dilihat dari lamanya mereka bekerja atau mengajar. Gambaran kinerja guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang berada pada kategori sangat tinggi. Terdapat pengaruh tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja guru terhadap kinerja guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.

Published
2019-03-28
Section
Articles