Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang sebanyak 24 orang. Berdasarkan jumlah populasi yang hanya 24 orang, maka tidak ditarik sampel dalam artian penelitian populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik statisitik infersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gambaran tingkat pendidikan guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang memiliki tingkat pendidikan yang cukup memadai dalam hal ini dapat menunjang pekerjaan sehari-hari. Hal ini membuktikan bahwa guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang 100 persen memiliki tingkat pendidikan sarjana (S1) dalam hal ini dapat menunjang pekerjaan sehari-hari. Gambaran pengalaman kerja guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang cukup matang, hal ini dilihat dari lamanya mereka bekerja atau mengajar. Gambaran kinerja guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang berada pada kategori sangat tinggi. Terdapat pengaruh tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja guru terhadap kinerja guru SMPN 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.