Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar

  • Muh Amir STIE Tri Dharma Nusantara
  • Andi Abdul Razak Ishak STIE Tri Dharma Nusantara
Keywords: strategi promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dan keputusan pembelian pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar, pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian dan besarnya pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar. Data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder. Metode dalam penelitian ini menggunakan survei pada konsumen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar yang berjumlah 60 responden. Sampel yang digunakan adalah sampel kouta yang menggunakan jumlah sampel yang sudah ditentukan dari populasi dengan rumus slovin. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode keputusan, metode lapangan, observasi, kuisioner, populasi dan sampel. Data dianalisis dengan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar berada pada tingkat yang sangat tinggi atau sangat baik dengan persentase 85,60%. Keputusan pembelian pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar dengan keadaan sangat baik yang ditunjukkan dengan tanggapan responden sebesar 86,57%. Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Makassar. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan nilai t-hitung= 4,515 yang lebih besar dari t-tabel= 1,671 pada tingkat taraf 5% (0,05) dan df=60-2=58 dengan titik persentase distribusi sehingga t-tabel= 1,671.

Published
2019-03-28
Section
Articles