PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL PONDOK LOSARI DI MAKASSAR

  • Bahriansyah Bahriansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara Makassar
  • Dewi Nanda Sari Arista Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara Makassar
Keywords: Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Pondok Losari di Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada hotel Pondok Losari di Makassar. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan jumlah responden sebanyak 70 orang. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif artinya data yang diperoleh di lapangan, diolah sedemikian rupa sehingga memberikan pemahaman yang sistematis, selanjutnya diadakan perhitungan statistik dengan analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi (r 2 ), dan uji-t. Dari hasil perhitungan regresi didapatkan nilai sebesar Y = 9,76 + 0,185 X. Sedangkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,376 dan koefisien determinasi (r 2 ) sebesar 0,1413. Hasil perhitungan Uji-t menunjukkan t hitung >t tabel yaitu 3,348 > 1,668, hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada hotel Pondok Losari di Makassar. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima

Published
2021-02-17
Section
Articles