PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI KOTA PALOPO

  • Awaluddin Awaluddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wira Bhakti Makassar
  • Sumarni S Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wira Bhakti Makassar
Keywords: Strategi Promosi, Peningkatan kunjungan wisatawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Palopo. Populasi pada penelitian ini merupakan semua pengunjung atau wisatawan yang berkunjung pada wisata alam yaitu wisata Kambo Higland dan Pantai Labombo dari tanggal 09 Juni 2020 hingga 09 Agustus 2020 di Kota Palopo. Jumlah kunjungan wisata adalah sebanyak 106.211 orang. Sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif). Teknik pengujian yang dipakai yaitu uji validitas dengan menggunakan penganalisaan (OLS) regeresi linear sederhana dan uji t digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) mayoritas responden yang berkunjung ke Kota Palopo adalah perempuan dengan proporsi 55%, dan mayoritas usia responden adalah 17-26 tahun dengan proporsi 41% (2) variabel promosi dengan indicator Publisitas, Press Releace (Jumpa Pers), News (Pesan/Berita), Event (acara), Penggunaan Media Baru berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Palopo.

Published
2021-02-17
Section
Articles