Pengaruh Tangible Dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pasien Pada RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo bisa memberikan kepuasan bagi para pasiennya. Populasi dalam penelitian adalah pasien rawat inap pada RSUD Lamaddukelleng dalam tiga bulan terakhir, yaitu bulan Januari - Maret 2017 berjumlah 5.018 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 370 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian data menggunakan SPSS 22. Peneliti juga menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk kuesioner. Untuk pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji simultan dan uji parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa tangible dan responsiveness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien (nilai Fhitung>Ftabel yaitu 19,731>3,020 dan signifikasi t= 0,000<0,05). Secara parsial tangible mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap (nilai thitung>ttabel yaitu 2.103>1.649 dan signifikasi t= 0,036<0,05). Responsiveness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap (nilai thitung>ttabel yaitu 2.610>1.649 dan signifikasi t= 0,009<0,05).