Analisis Perhitungan Biaya dalam MenentukanTarif Kursus dengan Metode Activity Based Costing (ABC) pada LKP Widyaloka Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan biaya jasa kursus antara metode
konvensional dan metode activity basedcosting pada LKP Widyaloka Makassar. Perhitungan
ini dilakukan guna mengetahui besarnya biaya jasa kursus yang lebih factual. Penelitian ini
merupakan penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah Bagian Keuangan LKP Widyaloka Makassar. Objek dalam penelitian ini adalah
biaya jasa kursus LKP Widyaloka Makassar tahun 2022. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif. Deksriptif kuantitatif
dilakukan untuk memaparkan perhitungan nominal biaya jasa kursus per tahun.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa biaya jasa kursus dengan
menggunakan metode activity based costing pada LKP Widyaloka Makassar tahun 2022
adalah untuk jenis kursus aplikasi perkantoran sebesar Rp 552.512, desain teknik/CAD Rp
574.513, manajemen proyek (RAB) Rp 542.929, desain grafis Rp 515.129, komputer
akuntansi RP 506.517, administrasi keuangan Rp 496.823, bahasa inggris general english Rp
485.358, bahasa inggris conversation Rp 1.005.024, sketchup Rp 486.797, SAP 2000Rp 877.675,
pemetaan digital Rp 1.177.519, teknisi jaringan/hardware Rp 435.925, pemrograman Rp
955.181, video editing Rp 585.753.
Downloads
References
Aisyah, N., & Fajrianti, F. (2021). Penerapan Activity Based Costing dalamMenentukan Tarif Jasa Rawat Inap pada Rumah Sakit Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar. Bata Ilyas Journal of Accounting, 2(2).
Ajmi, Dinda N., & Iriyadi. (2018). Analisis Penentuan Tarif Rawat Inap dan Perhitungan Harga Pokok Pada Klinik Utama Rawat Inap Dr. Yati Zarnudji. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 6(3), 227–238.
Calista, A. (2022). Analisis Kualitas Layanan Akademik STIE Rahmaniyah Sekayu. Adminika, 8(1), 15-29.
Chulaifi, M. I. A. C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umroh dan Haji pada PT. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya Periode 2017–2018 (Doctoral Dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Fadli, H., Inapty, B. A., & Astuti, W. (2022). Analisis Penerapan Activity Based Costing (Abc) Dalam Menentukan Tarif Jasa Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soedjono Selong. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(3), 434- 449.
Jusmani, J., & Putra, A. E. (2020). Analisis Activity Based Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Perusahaan. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 3(1), 28-38
Kindangen, F., Morasa, J., & Mawikere, L. M. (2018). Penerapan Activity Based Costing System dalam Penentuan Harga Pokok Tarif Penyewaan Jasa Kendaraan pada PT. Serasi Autoraya. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(04).
Pandey, C. M., Elim, I., & Pinatik, S. (2019). Analisis Penentuan Tarif Rawat Inap Berdasarkan Variable Costing pada Rumah Sakit GMIM Siloam Sonder. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 14(1), 160–167.
Politon, A. G. (2019). Analisis Penerapan Activity Based Costing Dalam Penentuan Tarif Rawat Inap pada Rumah Sakit Robert Wolter Monginsidi Manado Analysis Of The Application Of Activity Based Costing In The Determination Of Rates Of Hospitalization In Robert Wolter Monginsidi. Jurnal Emba, 7(1), 931–940.
Rangkuti, F. (2017). Customer care excellence: meningkatkan kinerja perusahaan melalui pelayanan prima plus analisis kasus jasa raharja. Gramedia Pustaka Utama.
Rukmana, R. (2020). Penerapan Metode Activity Based Costing dalam Penentuan Tarif Rawat Inap (Studi Kasus pada RSUD Kondosapata Kabupaten Mamasa). 8, 95– 102.
Sakia Putri Samsul (2022). Tinjauan Tarif Rawat Inap Menggunakan ActivityBased Costing pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Mamajang Di Kota Makassar.
Savira, D. (2020). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi BerdasarkanPesanan pada Jumputan Wiyah Mulyadi Collection (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).
Sentosa, A. D., Raharjo, D. S., Sovitriana, R., Nilawati, E., & Idaman, N. (2022). Faktor Penentu Loyalitas Pelanggan PT Nabawi Mulia Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Menggunakan Pls Sem. Ikra-Ith Abdimas, 5(2), 32-58.
Yuniawati, R. I., Fitria, F., Himawan, I. S., Maryadi, A. F., Rahayu, D., Kurniawan, R., ... & Rahmadi, R. (2023). Akuntansi Manajemen. Penerbit Widina.
Copyright (c) 2024 Suriani Suriani, Indira Fadillah, Lina Mariana, Nurul Syahri Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.