Pengaruh Persepsi Manajemen Atas Penerapan E-Billing dan E-SPT Pajak Pertambahan Nilai Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Makassar Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji: 1) pengaruh persepsi manajemen atas penerapan e-billing terhadap kepatuhan Wajib Pajak; 2) pengaruh persepsi manajemen atas penerapan e-SPT PPN terhadap kepatuhan Wajib Pajak; 3 pengaruh persepsi manajemen atas penerapan e-billing dan e-SPT PPN terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar selatan dengan jumlah responden 100 orang. Jenis penelitian ini adalah survey dengan menggunakan teknik analisis data regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) persepsi manajemen atas penerapan e-billing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak; (2) persepsi manajemen atas penerapan e-SPT PPN berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak; 3) persepsi manajemen atas penerapan e-billing dan e-SPT PPN berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.
Downloads
References
Chau, Liiung. (2009). A Critical Reviews of Ficher Taxs Compliance Model, Journal of Accounting about Taxation, 1 (2): h:34-40.
Creswell, John W. (2008). Educational Research Planing, Conducting, and Evaluating Qualitative & Quantitative Approaches. London. Sage Publications.
Direktorat Jenderal Pajak. (2017). Peran Pajak Untuk Mencapai Target Pertumbuhan Ekonomi 2017. Melalui
Doran, Micheal. (2009). Tax Penalty and Tax Compliance, Harvard Jurnal on Legislation, 4: h:51-94. Melalui
Gibson, J. L. Ivancevich, Jr. James H. Dan Konofaske, Robert. (2009). Organization: Behavior, Structure, Processes, New York: McGraw-Hill.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Denga Program IBM SPSS (Edisi Ke-lima). Semarang: Universitas Diponegoro.
Gujarati, D N. (2012). Dasar-Dasar Ekonomitra, Terjemahan Mangunsong, R.C., Buku 2 Edisi Ke-lima. Jakarta: Salemba Empat.
Gustiyani, Ayu. (2014). Pengaruh Penerapan E-SPT dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karees Badung). Artikel Penelitian Universitas Komputer Indonesia.
Handayani, Ni Putu M. N. (2016). Pengaruh Persepsi Manajemen Atas Keunggulan Penerapan E-Billing dan E-SPT Pajak Pertambahan Nilai (Studi Kasus Pada Pengusaha Kena Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Artikel Penelitian Universitas Udayana.
James, El-Ganainy, Asmaa. 2012. Value-Added Taxation and Consumption. Tulane Economics Working Paper Series. Working Paper:1203.
Keputusan Jenderal Pajak Nomor KEP-359/PJ/2013 tentang Penunjukkan Kantor Pelayanan Pajak dan Wajib Pajak dalam Rangka Uji Coba Penerapan Sistem Pembayaran Pajak Secara Elektronik (Billing System) dalam Sistem Modul Penerimaan Negara.
Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga
Lingga, Ita Salsalina. (2013). Pengaruh Penerapan E-SPT Terhadap Pengusaha Kena Pajak (Studi Empiris Terhadap Pengusha Kena Pajak di Wilayah KPP Pratama “X” Jaa Barat I). Artikel Penelitian Universitas Kristen Maranatha.
Mardiasmo. (2011). Perpajakan Edisi Revisi 2011. Jakarta: ANDI.
Pandiangan, Liberty. (2008). Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Berdasarkan Undang-Undang Terbaru. Jakarta: Gramedia.
Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor 6/PJ/2009 tentang Tata Cara Penyampaian SPT Dalam Bentuk Elektronik.
PER-21/PJ/2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-2/PJ2011 tentang Tata Cara Pengolahan Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai.
Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 74/PMK.03/2012 tentang Tata Cara Penetapan dan Pencabutan Penetapan Wajib Pajak.
Purbo, Onno W. 2012. Membangun Web E-Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.
Rahman, Abdul. (2010). Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak Umum Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan. Bandung: Nuansa.
Rapina, dkk. (2011). Jurnal Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada KPP Pratama Bandung. Jurnal Akuntansi. Vol 1, No.2: 119-138.
Ratih, Hurriyati. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: lfabeta.
Rivai, Veithzal & Sagala, Ella Jauvani. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Riyono. 2011. Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Robbins, Stephen, P. (2007). Manajemen Edisi Kedelapan. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Sangadji, Mamang, dan Sopiah. (2010). Metodologi Peneitian – Penetapan Paktis dalam Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Sukardji, Untung. (2005). Pajak Pertambahan Nilai. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Thoha, Miftah. (2010). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo.
Utama. M. S. (2012). Aplikasi Analisis Kuantitatif. Denpasar: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Waluyo. (2011). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Wikipedia. (2017). Skala (Statistik). Melalui
Copyright (c) 2019 Tangible Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.