APAKAH HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DIPENGARUHI TEMAN SEBAYA, MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA?

  • Syafika Ramadhani FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Supri Wahyudi Utomo FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Nur Wahyuning Sulistyowati FKIP Universitas PGRI Madiun
Keywords: Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh teman sebaya, motivasi belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Jiwan. Penelitian  ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (Primer) yang dibagikan kepada siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Jiwan dengan metode simple random sampling. Populasi penelitian merupakan siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Jiwan dengan jumlah sampel sebanyak 161 responden. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisa metode yang digunakan adalah SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari variabel teman sebaya, motivasi belajar, dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMKN 2 Jiwan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., dan Apsari, R. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Degan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2017b). Cara Mudah Belajar SPSS dan Lisrel Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian (S. Y. Suryandari (ed.)). Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Andriani, F. R. (2014). Konsep Diri, Lingkungan Keluarga Dan Kedisiplinan Siswa Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Akuntansi Siswa Kelas Xi Jurusan Ips, Sma Antartika Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 212–223.
Arista, I. D. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Kedamean Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
Fitriani, dan Karim, A. (2017). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Dan Relasi Siswa Dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di SMPN 4 Rumbio Jaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 5(1), 96–104.
Gielen, S., Tops, L., Dochy, F., Onghena, P., dan Smeets, S. (2010). A comparative study of peer and teacher feedback and of various peer feedback forms in a secondary school writing curriculum. British Educational Research Journal, 36(1), 143–162.
Kurniawan, H., dan Istiningrum, A. A. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 114–134.
Purbiyanto, R., dan Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.
Ratnamulyani, I. A., dan Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora, 20(2), 154–161.
Ricardo, R., dan Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.
Rusuli, I. (2014). Refleksi Teori Belajar Behavioristik Dalam Perspektif Islam. 8(1), 38–54.
Saputro, B. M., dan Soeharto, T. N. E. D. (2012). Hubungan Antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Kenakalan Pada Remaja. 10(1), 1–15. ungan+antara+konformitasdan btnG=#d=gs_qabsdan u=%23p%3DiBXrc7LaStcJ
Sindu, I. G. P., Santyasa, I. W., dan Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh Model E-Learning Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar KKPI Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Singaraja. E-Kournal Program Pascasarjana Universitas Ganesha, 3(2).
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378.
Widi, E. N. N., Saraswati, P., dan Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan Siswa-Siswi Sma Ditinjau Dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 135–150.
Wulandari, M., Djaja, S., dan Suharso, P. (2014). Analisis kesulitan belajar Akuntansi pada Materi Jurnal Penyesuaian ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013-2014 ) Analysis of Learning Difficulty of Accounting on The Material Adjustment. Jurnal Edukasi Unej, 1(2), 23–27.
Yanti, Y., dan Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329–338.
Published
2021-01-29
How to Cite
Ramadhani, S., Utomo, S., & Sulistyowati, N. (2021). APAKAH HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DIPENGARUHI TEMAN SEBAYA, MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA?. Tangible Journal, 5(2), 37-43. https://doi.org/10.53654/tangible.v5i2.134
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>