Determinan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIPMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Determinan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIPMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIPMA angkatan 2016-2019 sebanyak 181 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Literasi Keuangan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Hal ini dibuktikan melalui uji parsial t menghasilkan nilai koefisien sig = 0.000 < 0.05. (2) Sikap Keuangan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Hal ini dibuktikan melalui uji parsial t menghasilkan nilai koefisien sig = 0.001 < 0.05. (3) Kontrol Diri berpengaruh signifikan dan positif terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Hal ini dibuktikan melalui uji parsial t menghasilkan nilai koefisien sig = 0.000 < 0.05. (4) Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kontrol Diri berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Hal ini dibuktikan melalui uji simultan F menghasilkan nilai koefisien sig = 0.000 < 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa harus meningkatkan literasi keuangan dengan mempelajari konsep dasar keuangan, serta meningkatkan sikap keuangan dan kontrol diri agar terhindar dari masalah keuangan dan mampu melakukan pengelolaan keuangan secara bijak dan berhati-hati.
Downloads
References
Bhushan, P., & Medury, Y. (2014). an Empirical Analysis of Inter Linkages Between Financial Attitudes, Financial Behaviour and Financial Knowledge of Salaried Individuals. Indian Journal of Commerce & Management Studies, 5, No. 3, 1161–1201. www.scholarshub.net
Chinen, K., & Endo, H. (2012). Effects of Attitude and Background on Personal Financial Ability: A Student Survey in the United States. International Journal of Management, 29, No. 2, 33.
Dewi, N. K. D. K., & Budiasih, I. G. A. N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Pada Minat Berkarir Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(2), 1016–1045.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (2010). Predicting And Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. Taylor & Francis Group.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Teori-Teori Psikologi (1 (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Gumulya, J., & Widiastuti, M. (2013). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11, No. 1, 50–65.
Herawati, N. T. (2015). Kontribusi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48, Nomor, 60–70.
Herawati, N. T., Candiasa, I. M., Yadnyana, I. K., & Suharsono, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Keuangan dan Literasi Keuangan Terhadap Financial Self Efficacy Mahasiswa Akuntansi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2, No. 2, 115. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p115-128
Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9, No. 3, 226–241.
Herlindawati, D. (2015). Pengaruh Kontrol Diri, Jenis Kelamin, Dan Pendapatan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3, No. 1, 158–169.
Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nominal, 7, No. 1, 96–110.
Ida, & Dwinta, C. Y. (2010). Pengaruh Locus of Control, Financial Knowledge, Income Terhadap Financial Management Behavior. JURNAL BISNIS DAN AKUNTANSI, 12, No. 3, 131–144.
Kholilah, N. Al, & Iramani, R. (2013). Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking, 3, No. 1, 69–80.
Nasihah, D., & Listiadi, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07, No. 3, 336–341.
Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Locus Of Control Dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6, No. 1, 96–112.
Remund, D. L. (2010). Financial literacy explicated: The case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44, No. 2, 276–295. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01169.x
Sari, D. A. (2015). Financial Literacy dan Perilaku Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STIE ‘YPPI’ Rembang). Buletin Bisnis & Manajemen, 01, No.02, 171–189.
Widayati, I. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. ASSET: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1, Nomor 1, 89–99.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.