ANALISIS PROFITABILITAS PADA PT BLUE BIRD Tbk. PERIODE 2018-2021 DENGAN MENGGUNAKAN METODE DU PONT SYSTEM

  • Muhammad Djabir D Institut Bisnis dan Keuangan Nitro
  • Mohamad Yasin Universitas Alkhairaat Palu
  • Abdul Gafar Samalam Institut bisnis dan keuangan nitro
  • Setya Egha Susanto Institut bisnis dan keuangan nitro
  • Mirna Mirna Institut bisnis dan keuangan nitro
Keywords: Profitabilitas, Du Pont System

Abstract

: PT Blue Bird Tbk. adalah salah satu perusahaan penyedia jasa transportasi yang telah lama merajai dunia transportasi taksi di berbagai kota di Indonesia. Di tahun 2014, sebelum muncul banyaknya transportasi berbasis online, PT Blue Bird Tbk. sudah mempunyai aplikasi Taxi Mobile Reservation yang dapat di akses pada masa itu. PT Blue Bird Tbk. merupakan perusahaan transportasi merajai dunia taxi selain PT Express Transindo Tbk. (TAXI). Transportasi basis online yang telah berhasil merajai pasar pada tahun 2016 hingga kini, maka PT Blue Bird Tbk. memutar strategi dengan mencoba keberuntungan dengan cara berkolaborasi dengan taksi online dan menjalankan strategi yang baru, PT Blue Bird Tbk. mencoba untuk menaikkan pasar dengan lebih baik agar mendapatkan profit dari tahun sebelumnya.

Dalam menghadapi persaingan, perusahaan dituntut untuk mampu membuat keputusan keuangan yang efektif. Keputusan keuangan yang efektif diperlukan didalam sebuah perusahaan untuk menghasilkan laba. Oleh karena itu, untuk mengetahui efesiensi perusahaan maka perlu dilakukan evaluasi kinerja keuangan. Untuk melakukan evaluasi kinerja keuangan maka dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan menganalisis laporan keuangan. Oleh itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tingkat profitabilitas yang diperoleh PT Blue Bird Tbk. Adapun metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis Du Pont System.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi fluktuasi Return On Investment pada PT Blue Bird Tbk. Profitabilitas yang diukur dengan menggunakan metode du pont system menunjukkan penurunan pada Return On Investmen selama tiga tahun, yang dikarenakan terjadinya penurunan pada laba bersih dan terjadi fluktuasi terhadap total aset. Perusahaan dapat meningkatkan Return On Investmen pada tahun 2020 dikarenakan terjadinya peningkatan pada laba bersih dan penurunan pada total aset.

 

Published
2023-07-30
Section
Articles