Pengaruh Account Representative (Ar) Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Account Representative (AR) dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepuasan wajib pajak Pada KPP Pratama Makassar Utara. Pengumpulan data menggunakan data primer diperoleh dari kuisioner dengan menggunakan samping insidental. Populasinya adalah wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Makasar Utara berjulmah 133.864, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 100 responden. Hasil kuisioner tersebut telah diuji validitas dan realiabilitasnya, juga telah di uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan asumsi heterokedastisitasnya. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis positif dan signifikan. Ini berarti bahwa pengaruh Account Representative (AR) dan kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wajib pajak.
Downloads
References
Aria, Ayuni. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Boy, Nofri. (2010). Analisis Pengaruh Pelayanan, Konsultasi, dan Pengawasan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Tangerang dan Serpong). Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Butarbutar, Rusal. (2017). Hukum Pajak Indonesia Dan Internasional. Bekasi :Gramata Publishing.
Darmawanto, Agus. (2009). Perkembangan Profesi Akuntansi. Skripsi. Jakarta: Universitas Gunadarma Jakarta.
Darmawanto, Agus. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 15 (1) : 1412-2200.
Haryanto, Wawan. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Utara. Jurnal Perspektif, Manajemen Keuangan. X (2).
Hidayat, Nurdin Dan Dedi Purwana. (2017). Perpajakan Teori Dan Praktik. Jakarta :Rajawali Pers/Raja Grafindo.
Ghozali, Imam (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang :Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang :Universitas Diponegoro.
Gunadi, Ari. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib pajak Pribadi dalam Membayar Pajak Penghasilan (Survey di KPP Pratama Boyolali). Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ika P, (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Keputusan Menteri Keuangan No. 98/KMK.01/2006 Tentang Account Representative
Kuncoro, Mudrajad. (2009). Ekonomika Indonesia: Dinamika Lingkungan Bisnis di Tengah Krisis Global. Skripsi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Masruroh, Siti dan Zulaikha. (2013). Pengaruh Kemanfaaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WPOP Di Kabupaten Tegal). Jurnal Akuntansi. 2(4).
Muhammarsyah, Nanda. (2011). Pengaruh Peran Account Representatif, Pemahaman prosedur Perpajakan Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Tempat Pelayanan Terpadu Di kantor Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi Kewajiban perpajakan. Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pandiangan, Liberti (2017). Administrasi Perpajakan :Pedoman Praktis Bagi Wajib Pajak Di Inodonesia. Jakarta :Erlangga.
Peraturan Menteri Keuangan No. 79/PMK.01/2015 Tentang Account Representative.
Rahayu, Siti Kurnia. (2017). Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Bandung : Rekayasa Sains.
Rahmawati dan Arja Sadjiarto. (2013). Pengaruh Account Representative Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Tarakan. Jurnal Riset Akuntansi, Akuntansi Pajak. 3 (2).
Ramadhan, Muh. Fahrian. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawaan dan Konsultasi oleh Account Representative terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak Orang Pribadi. Skripsi. Makassar : Universitas Hasanuddin.
Resmi, Siti. (2011). Perpajakan :Teori Dan Kasus. Jakarta :Salemba Empat.
Resmi, Siti. (2016). Perpajakan :Teori Dan Kasus. Edisi 9. Jakarta :SalembaEmpat.
Sekaran, Uma. (2009). Research Methods Of Business : Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Bukun 1. Jakarta :Salemba Empat.
Sinambela, Lijan P. (2010). Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supadmi. (2009). Meningkatkan Kepatuhan Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. 6(2) : 2303-1018.
Tjiptono, Fandy. (2008). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi Offiset
Tjiptono, Fandy. (2009). Strategi Pemasaran. Yogyakarta :Andi Offiset.
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.
Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 tentang PPN dan PPNBM.
Veronica. (2010). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Griptha Kudus. 1979-6889
Wardani, Eka S. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Efektifitas Pengawasan Account Representative terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak. Skripsi. Surabaya : Universitas Airlangga.
Copyright (c) 2019 Tangible Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.