Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Akuntansi Ditinjau Dari Teori Atribusi (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan kerangka metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini berangkat dari fenomena keterlambatan penyelesaian studi oleh mahasiswa akuntansi dalam hal ini di Universitas Negeri Gorontalo. Melalui analisis pendekatan fenomenologi dengan teori atribusi mengklasifikasikan penyebab suatu peristiwa menjadi dua kategori utama: internal dan eksternal. Dalam konteks keterlambatan studi mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri gorontalo disebabkan oleh dua faktor yakni: faktor internal dan eksternal, dari sisi faktor internal berkaitan langsung dengan kemampuan akademik, motivasi, dan manajemen waktu. Sedangkan dari sisi faktor eksternal dipengaruhi oleh dukungan sosial dan kondisi lingkungan.
Downloads
References
Alfaris, S. (2022). Faktor Penghambat Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Undana. Haumeni Journal of Education, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.35508/haumeni.v2i2.9101
Aqila, F., Sefriani, F., Febrianto, R., Wulandari, D., & Rizky, M. (2024). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir UINSU. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(1).
Awalia, F. P., Ayuningtyas, N., & Ambarwati, N. S. S. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. Yasin, 4(1), 30–45. https://doi.org/10.58578/yasin.v4i1.2373
Eka Nugraha, A., Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Melawi Jln RSUD Melawi, S. K., & Pinoh Kab Melawi Kalimantan Barat, N. (2024). Analisis Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Pgsd) Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Melawi. 5(April).
Imanina, K. (2020). Penggunaan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif Analitis Dalam Paud. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(229), 45–48. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3728
Keterlambatan, A. F., Tingkat, M., & Di, A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Mahasiswa Tingkat Akhir Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Ulm Dalam Menyelesaikan Skripsi. 12(2).
Larasati, N. D., & Jatiningrum, W. S. (2021). Analisis Faktor pada Keterlambatan Studi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan. Manajemen Pendidikan, 16(2), 83–96. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i2.12134
Latief, N., Pramono, A., & Habradi, A. (2023). Analisis Penyebab Penghambat Penyelesaian Skripsi Terhadap Masa Studi Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. JoVI:JOURNAL of VOCATIONAL INSTRUCTION, 2(1), 51. https://doi.org/10.55754/jov.v2i1.47340
Lianasari, D., & Purwati, P. (2021). Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Anxiety Academic terhadap Skripsi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 117. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.9041
Malau, A. A., Yuna, D., Abrara, R., Sinaga, J. A., & Simarmata, R. (2023). Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Strategi Pencegahan dan Pengurangan Keterlambatan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Studi 2023 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 1(11), 477–484.
Marsela, F., Bakar, A., & Shopya, R. A. (2023). Analisis faktor penyebab keterlambatan penyelesaian studi pada mahasiswa prodi bimbingan dan konseling. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–53. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/syifaulqulub/article/view/6169
Nofratama, F., Hasrul, H., Muchtar, H., & Dewi, S. F. (2022). Kendala Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa PPKn FIS Universitas Negeri Padang. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 185–191. https://doi.org/10.24036/jecco.v2i2.106
Noviriani, E. (2021). Eksplorasi Kecerdasan Daya Juang (Adversity Quotient) Mahasiswa Akuntansi Dalam Tinjauan Fenomenologi. Sebatik, 25(2), 418–425. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1670
Nur Hasanah, S. A., Agustina, D., Ningsih, O., Nopriyanti, I., & Bulian, M. (2024). Teori Tentang Persepsi dan Teori Atribusi Kelley. CiDEA Journal, 3(1), 44–54. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v3i1.1810
Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148
Pokhrel, S. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Padang. Αγαη, 15(1), 37–48.
Rara, U. I., Supri, W. U. & Nur, W. S. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Dasar. Tangible : Jurnal Akuntansi Multiparadigma Vol. 6 (1), 101 - 110. https://ojs.stie-tdn.ac.id/index.php/TB
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sari, N. N., salam, M., & Usmanto, H. (2021). Civic Education Perspective Journal Prodi PPKn Universitas Jambi Analysis Of Factors Caused Students’ Delay In Completing The Final Project(Scription) On The Students Of The Ppkn Study Program. Civic Education Persfective Journal Fkip Universitas Jambi, 1(1), 75–87.
Tandya, I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Penyelesaian Studi Dua Mahasiswa Ditinjau Dari Teori Atribusi. Jurnal Psiko-Edukasi, 17, 46–68.
Umum, B. A. B. I. I. (2006). Pedoman Universitas Negeri Gorontalo.
Untari, R., Alawiyah, N., Permatasari, L., Sulistiyarini, F., & Quita Melati, S. (2022). Faktor-Faktor Penghambat Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 6(2), 189–204. https://doi.org/10.22515/academica.v6i2.5712
Wardani, T. A., Prasetiyo, W. H., & Gunarsi, S. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kecemasan dalam Penyelesaian Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4358–4362. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1772
Copyright (c) 2024 Jhodivi Frenky Lahema, Tri Handayani Amaliah, Usman Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.