Analisis Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) atas Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Daerah di Kantor Badan Keuangan Daerah Kota Parepare

  • Yasri Tarawiru Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurfaisah Nurfaisah
  • Nur Fatwa Basar
Keywords: SIPKD, Ketepatan Waktu Pelaporan, Keuangan Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah atas Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Daerah Badan Keuangan Daerah Kota Parepare. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah atas ketepatan waktu pelaporan keuangan daerah di kantor Badan Keuangan Daerah Kota Parepare dapat dilihat dari beberapa indikator dari sistem informasi pengelolaan keuangan daerah yang terdiri dari keamanan data, ketepatan dan kecepatan waktu, ketelitian, variasi atau output, serta relevansi sudah sangat efektif. Sedangkan indikator ketepatan waktu pelaporan ialah sumber daya manusia, pendidikan dan pelatihan, disiplin kerja serta ketersediaan fasilitas hal itu sudah di terapkan dan terlaksana dengan baik oleh pegawai atau staff badan keuangan daerah sehingga dapat membantu dalam pembuatan laporan keuangan daerah dengan tepat waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Karnila. 2020. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara pengeluaran pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kota metro.Metro.Jurnal.

Dahlius Apri & Mariaty Ibrahim. 2016. Pengaruh fasilitas kerja terhadapkepuasan kerja karyawan pada PT. Bank riaukepri cabang teluk kuantan kabupaten kuantan singingi. Jurnal.

Ikbal, Muhammad. 2017 Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan Swiss Bel Hotel Kota Palangkarya.Skripsi.

Kanalinfo. 2019 Pengertian pendidikan dan pelatihan. Di akses pada tanggal 11 januari 2021.https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-pendidikan-dan-pelatihan-diklat.

Lino. 2019. Sumber Daya Manusia. Di akses pada tanggal 11 januari 2021. https://www.linovhr.com/sumber-daya-manusia-menurut-para-ahli/.

Maharani, Hairunnisa.2019. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kc Bandar Jaya Lampung Tengah). Lampung Tengah. skrpsi.

Puspita, Arini. 2012. Analisis Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Parepare. Parepare .Skripsi.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 55 Tahun 2008 tentang Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara. Jakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta.

Priyatmono Unggul. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja, Fasilitas Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Line Leavis Di PT Kharisma Buana Jaya. Skripsi.

Saputra, Yuda dan Nita Erika Ariani. 2019. Pengaruh kompleksitas, kemandirian dan opini terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pemerintah daerah Indonesia. Jurnal.

Surat Edaran Mendagri Nomor 900/122/BAKD tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengembangan dan Implementasi SIPKD dan Regional SIKD.

Published
2024-06-01
How to Cite
Tarawiru, Y., Nurfaisah, N., & Basar, N. F. (2024). Analisis Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) atas Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Daerah di Kantor Badan Keuangan Daerah Kota Parepare. Tangible Journal, 9(1), 77-88. https://doi.org/10.53654/tangible.v9i1.450