Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Generic Open Source terhadap Penerimaan Kas Instalansi Rawat Inap dan Rawat Jalan pada RSUD Lamaddukelleng

  • Besse Husna Munawwarah UIN Alauddin Makassar
  • Jamaluddin Majid UIN Alauddin Makassar
  • Nur Rahmah Sari
Keywords: Sistem Informasi Manajemen Generic Open Source, Penerimaan Kas, Evaluasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Sistem Informasi Manajemen Generic Open Source (SIMGOS) pada penerimaan kas instalansi rawat inap dan rawat jalan rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Dalam mengevaluasi sistem yang diterapkan, peneltii menggunakan 4 indikator dalam pengukurannya, yaitu, integrasi, fleksibilitas, aksesibilitas, dan juga kemudahan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang digunakan RSUD Lamaddukelleng Sengkang dalam hal penerimaan kas instalansi rawat inap dan juga rawat jalan sudah memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bastian, I. (2010). Akuntansi Sektor Publik : Suatu Pengantar. Jakarta : Erlangga.

Prasada, J. A. (2018). Evaluasi Prosedur Penerimaan Kas Dan Pengeluaran Kas (Studi Pada Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta).

PSAP No.3 Tahun 2005. (2005). Pernytaaan Standar Akuntansi Pemerintah no. 3.

Rahma, A. (2010). Evaluasi Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Instalansi Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sukoharjo.

Setyawan, D. (2016). Analisis Implementasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Pada Rsud Kardinah Tegal. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 1(2).

Siregar. (2003). Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan . EGC.

UU Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tentang Perbendaharaan Negara.

UU Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 44 Tentang Rumah Sakit.

Published
2024-06-01
How to Cite
Munawwarah, B., Majid, J., & Sari, N. (2024). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Generic Open Source terhadap Penerimaan Kas Instalansi Rawat Inap dan Rawat Jalan pada RSUD Lamaddukelleng. Tangible Journal, 9(1), 12-23. https://doi.org/10.53654/tangible.v9i1.414