MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI JURNAL UMUM SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan menguji kevalidan mobile learning berbasis android dengan pendekatan saintifik pada materi jurnal umum untuk SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D menggunakan model ADDIE yang hanya sampai pada tahapan analisis, perancangan, pengembangan dikarenakan Covid-19 yang bertepatan dengan diliburkannya sekolah secara serentak sehingga peneliti tidak dapat mengambil data di lapangan secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi serta lembar validasi ahli media dan ahlli materi dengan mendeskripsikan data. Hasil daripada penelitian ini yaitu terciptanya produk aplikasi bernama AKT: JURNAL UMUM dengan type file .apk versi 1.0 yang dikembangkan dengan software sketchware. Mobile learning berbasis android dengan pendekatan saintifik telah teruji dengan baik berdasarkan penilaian validator ahli dan hasil akhir uji validitas sehingga produk berupa aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi kriteria sangat valid.
Downloads
References
Amirullah, G., & Hardinata, R. (2017). Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 2(4): 97-100.
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa Smp Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Di SMP N 25 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2): 67-73.
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial: Teori Konsep Dasar Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Feriatna, T., Pramuditya, S. A., & Aminah, N. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMA Kelas X. LEMMA, IV(1): 65-74.
Gagese, N., Wahyono, U., & Kendek, Y. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Listrik Dinamis. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako), 6(1): 44-48.
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1): 90-101.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Androidmata Pelajaran Ipa Untuk Siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 1(8): 80-82.
Khotimah, T., & Hilyana, F.S. (2018). Kalkulator Fisika Gerak Satu Dimensi Berbasis Android. Jurnal SIMETRIS, 9(1): 541-546.
Laila, K. N., HB, F. P. M., & Irsadi, A. (2016). Efektifitas Media Pembelajaran Androplantae Berbasis Android Pada Materi Dunia Tumbuhan Untuk Siswa SMA. Unnes Journal of Biology Education, 5(2): 110-115.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET), 6(2): 79-83.
Rusdi, H., Sudding, & Yunus, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “Chembird” Pada Materi Kimia Kelas Xi Di SMAN 17 Makassar. Jurnal Ecosystem, 16(2): 290-299.
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2): 398-400.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation Dan Lkm Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5(1): 53-59.
Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Jurnal Satya Widya 33(2): 87-92.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan. K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zefriyenni, & Mardhiyah, H. (2017). Pengembangan Mathematics Mobile Learning Application (MMLA) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Untuk Siswa Kelas 8 Sebagai Sumber Pembelajaran Mandiri Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 10(2): 25-34.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.