Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM melalui Pengelolaan yang Efektif, Penerapan Akuntansi yang Akurat dan Integrasi Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.53654/tangible.v10i1.597Keywords:
manajemen keuangan, praktek akuntansi, adopsi teknologi, kinerja ukm, medan utaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan keuangan, penerapan praktik akuntansi yang akura dan adopsi teknologi terhadap kinerja keuangan UMKM di wilayah Medan Utara, Indonesia. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian lokal, namun masih menghadapi tantangan terkait manajemen keuangan yang belum optimal, keterbatasan penerapan akuntansi berbasis standar, dan rendahnya pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap pemilik dan manajer UMKM dari berbagai sektor, seperti perdagangan, manufaktur, dan jasa. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh masing-masing variabel terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang pentingnya tata kelola keuangan, penerapan akuntansi yang akurat, dan transformasi digital dalam meningkatkan kinerja UMKM. Selain itu, studi ini mengidentifikasi hambatan utama dalam implementasi ketiga aspek tersebut dan memberikan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kondisi UMKM. Keterbatasan penelitian meliputi jumlah sampel yang terbatas dan waktu pengumpulan data yang singkat, serta belum mencakup dampak jangka panjang dari adopsi teknologi dan praktik akuntansi terhadap pertumbuhan usaha.
Downloads
References
Amelia, R., Hou, A., Harianto, A., dan Razaq, M. R. (2025). Media Sosial , FOMO , dan Niat Beli : Sebuah Studi Kuantitatif Pada E-Commerce (Studi Kasus pada Mahasiswa LP3M Medan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), Vol. 5 No.1, Hal. 53–66.
Amelia, R., dan Tambunan, D. (2024). The Influence of Brand Image and Brand Trust on The Decision to Study in the Tax Accounting Study Program (Case Study at Politeknik Unggul LP3M). Journal of Finance Integration and Business Independence, Vol. 1 No. 1, Hal. 9–19.
Ayuni, T. W., Hou, A., Nazah, K., Harianto, A., dan Djohan, D. (2025). Upaya Meningkatkan Kinerja Pemerintah Desa Melalui Kompetensi Pemerintah Desa Dan Komitmen Organisasi (Studi Kasus Pasa Desa di Kecamatan Sunggal). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), Vol. 5 No. 1, Hal. 17–28.
Branicki, L., Brammer, S., Linnenluecke, M., dan Houghton, D. (2023). Accounting for resilience: the role of the accounting professions in promoting resilience. Accounting and Business Research, Vol. 53 Issue. 5, Hal 508–536. https://doi.org/10.1080/00014788.2023.2219148
Djohan, D., Satrianny, I. P., dan Pinjam, K. S. (2024). Pengayaan manajemen usaha bagi pengurus dan karyawan koperasi simpan pinjam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, Vol. 3 No.1, Hal. 238–243.
Djohan, D., Satriany, I. P., Chandra, K., dan Febrina, D. (2025). Pelatihan Meningkatkan Bakat Wirausaha Muda Pada Siswa/ Siswa SMK Tunas Harapan. Widya Laksmi, Vol. 5 No.1, Hal. 340–343.
Duffin, D., Djohan, D., Stefvy, S., Satrianny, I. P., dan Thamrin, T. (2023). Penguatan Ekonomi Rumah Tangga Masyarakat Desa Perkebunan Bekiun Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Jurnal Peradaban Masyarakat, Vol. 3 No. 1, Hal. 19–21. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i1.224
Fadli, A. (2021). Efforts to Maximize the Performance of SMEs and Partnerships Through Experience and Business Capital. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Vol 5 No. 2, Hal. 8605–8615.
Harianto, A., Chandra, K., Hirzi, M. F., Arahman, H., Rivai, A., Budiman, I., Wijaya, E., Susanto, A., Razaq, M. R., dan Nasib. (2024). Socialization and Creation of Entrepreneurial Products for Class XII Tritech Informatics Accounting Vocational School Medan. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5 No. 2, Hal. 1780–1790. https://doi.org/10.36526/gandrung.v5i2.4090
Hou, A. (2023). The Influence Of Financial Literacy And Quality Of Financial Statements On The Performance Of Msmes In Medan Marelan. IJAMESC, Vol. 1 No. 4, Hal. 281–290.
Hou, A., Djohan, D., dan Hastuty, W. (2024). The Influence of Business Networks and Perception of Product Quality on the Competitive Advantage of SME Products in Langkat. Journal of Finance Integration and Business Independence, Vol. 1 No. 1, Hal. 1–8.
Irfan, A. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kapasitas Guru Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan ILC Sebagai Variabel Moderasi Pada Smk Akuntansi Bagian Medan Utara. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), Vol. 8 No. 2, 185–196. https://doi.org/10.38204/jrak.v8i2.981
Khairani, R. D (2023). Pemasaran Bisnis Era Digital. CV. Media Sains Indonesia.
Lestari, I., dan Nasib, A. K. H. M. (2021). Manajemen dan Bisnis Modern. In Jakarta: PT Rineka Cipta. Pena Persada.
Lubis, E.F., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, S., Jl Sakti Lubis, M., Rejo, S. I., Medan Kota, K., Medan, K., dan Utara, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Journal of Business and Economics Research (JBE), Vol. 5 No. 2, Hal. 178–187.
Lubis, Z., Junaidi, Effendi, I., Nasib, dan Fadli, A. (2023). The Model for Determining the Success of the Partnership Program in Improving the Performance of SMEs Fostered Partners PT. Perkebunan Nusantara III. Quality - Access to Success, 24(192), 35–43. https://doi.org/10.47750/QAS/24.192.05
Lubis, F. R. A. (2021). Implementation of Knowledge Management and Human Capital in Micro, Small and Medium Enterprises. International Journal of Artificial Intelligence Research, Vol. 6 No. 1, Hal. 1–7. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.336
Mang’ana, K.M., Hokororo, S.J., dan Ndyetabula, D.W. (2024). An Investigation of the Extent of Implementation of the Financial Management Practices of Agri-SMEs in developing countries: Evidence from Tanzania. Sustainable Technology and Entrepreneurship, Vol. 3 No. 1, Hal 1–19.
https://doi.org/10.1016/j.stae.2023.100049
Menne, F., Surya, B., Yusuf, M., Suriani, S., Ruslan, M., dan Iskandar, I. (2022). Optimizing the Financial Performance of SMEs Based on Sharia Economy: Perspective of Economic Business Sustainability and Open Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.3390/joitmc8010018
Nasib, Amelia, R., dan Lestari, I. (2019). Dasar Pemasaran. In Dasar Pemasaran. Deepublish.
Nasib, Harianto. A., Albert, M. R. R., Martin, D. T., Satrianny, I. P., Hou, M. D. B. D. D. R. A. A., dan Tamba, Z. (2024). Mengenal bisnis 5.0. PT. Pena Persada Kerta Utama.
Nasib, Pranata, S. P., Tampubolon, A., Novirsari, E., Amelia, R., Pasaribu, D. S. O., Theodora, E. M., Hou, A., Ginting, N. M. B., Rivai, A., Anggusti, M., Pasaribu, D. D., dan Banuari, N. (2023). Bisnis Dasar Dan Etika Dalam Berbisnis. MTU Press.
Nazah, K., Hou, A., Harahap, T. A., Ayni, T. W., dan Harianto, A. (2024). Analisis Laporan Keuangan sebagai Alat untuk Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Gudang Garam dari Bursa Efek Indonesia. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora (AJSH), Vol. 4 No. 2, Hal. 1–10.
http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajshhttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh
Nofriza, S. T. H. S. N. B. (2022). The Effect of Market Orientation and Product Innovation on Performance-Mediated Competitive Advantage Marketing (Case Study of MSME Boutiq Women in Medan Market Center). International Journal of Applied Finance and Business Studies, Vol. 10 No.1, Hal 23–30.
Pakpahan, D. R., Handayani, C., dan Sanjaya, M. (2024). The Effect of Fintech Payment and Financial Literacy on Impulsive Buying of college students in Medan City. Journal of Finance Integration and Business Independence, Vol. 1 No. 1, Hal 20–29.
Razaq, M. R., Robin, Harianto, A., Fathoni, M., dan Nasib. (2024). Analysis of Factors Affecting the Risk of Business Failure of Food Sector SMEs in Binjai City. Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 22 No 3, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.31253/pe.v22i3.3222
Satrianny, I. P., Djohan, D., Kewirausahaan, P., Digital, P., dan Bisnis, S. (2024). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Kewirausahaan: Analisis Penggunaan Platform Digital Untuk Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 7 No. 3, Hal. 10157–10162.
Sihombing, E. H., Nasib, Harianto, A., Razaq, M.R., dan Hou, A. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Pelanggan Coffe Shop di Kota Medan. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora (AJSH), Vol. 4 No. 2, Hal 1–7.
Solihudin, A. R., Pratiwi, P. D., Rahmi, M., dan Gumelar, B. (2023). Financial Technology Proficiency as Leverage Factor of Financial Literacy affect on Investment Decisions. International Conference on Economics, Social Science and Humanities (ICESH) 2023, Vol. 1 No. 1, Hal.59–64. https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/icesh/article/view/151%0Ahttps://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/icesh/article/download/151/169
Tuffour, J. K. (2022). Assessing the Effect of Financial Literacy Among Managers on the Performance of Small-Scale Enterprises. Global Business Review, Vol. 23 No. 5, Hal 1200–1217. https://doi.org/10.1177/0972150919899753
Wakhyuni, E., Rahayu, S., dan Novirsari, E. (2024). Fostering SME Sustainability through Green Work Engagement : Evidence from Indonesian Coffee Producers. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, Vol. 11 No. 12, Hal. 131–154. https://doi.org/10.33168/JLISS.2024.1207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widy Hastuty Hs

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.