Analisis Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan untuk Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada UMKM Roti Devy

  • Venni Avionita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Samsul Huda
  • Michelia Grace Abela
  • Zayyun Chadirotul Qudsiyyah
  • Amanda Awalia
Keywords: Pesanan Khusus, Pengambilan Keputusan, Biaya Relevan, Full Costing, Direct Costing

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan biaya relevan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menerima atau menolak pesanan khusus melalui pendekatan metode perhitungan harga pokok produksi yaitu full costing dan direct costing serta untuk menganalisis hubungan keterkaitan biaya relevan dengan pengambilan keputusan atas menerima atau menolak pesanan khusus dengan laba atau keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data terkait biaya-biaya, seperti biaya atas bahan baku, biaya tenaga kerja langsung serta biaya overhead pabrik.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen telah menerapkan analisis biaya relevan dalam menghitung harga pokok produksi untuk sebuah pesanan khusus yang masuk. Analisis biaya relevan, khususnya dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menunjukkan bahwa dari alternatif yang diajukan mampu memberikan laba bagi usaha UMKM yang dijalankan. Para pihak manajemen UMKM Roti Devy sebaiknya menerapkan analisis biaya relevan agar supaya pesanan khusus dapat dijadikan sebagai sebuah strategi alternatif untuk mendapatkan peningkatan laba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, K. (2013). Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar, Konsep, Biaya dan Pengambilan Keputusan (Edisi ke-8). Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ambarriani, S. (2010). Manajemen Biaya (Buku I). Salemba Empat. Jakarta.

Anggraini, N. (2013). Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Membuat Atau Membeli Suatu Produk (Studi Kasus Pada Pt. Kuroma Engineering Sidoarjo). Jurnal Cendekia, 11(3), 1–23.

Anthony, A, Atkinson., Robert, S, Kaplan., Matsumura, Ella, Mae., Young, M. (2018). Management Accounting (6th Edition). Pearson Education, Inc. New Jersey.

Garrison, H, Ray., Noreen, W, Eric., Brewer, C, P. (2018). Manajerial Accounting (Twelfth Ed). McGrawHill Irwin. New York.

Halim, Abdul., Supomo, Bambang., Kusufi, M. (2013). Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial) (Edisi Kedua). Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Hansen, M. (2019). Akuntansi Manajerial (Buku II, E). Salemba Empat. Jakarta

Hidayat, R. (2014). Analisis Penerapan Biaya Relevan Dalam Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Ud. Rezky Bakery. Jurnal EMBA, 435(4), 435–443.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/6347/5865

Horngren, Datar, M., Foster, G. (2018). Akuntansi Biaya dengan Penekanan Manajerial (Jilid 1. E). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Keenam, Simamora, H. (2012). Akuntansi Manajemen (R. Star Gate Publisher. Duri (ed.); Edisi III). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Meifa, S., Wilfried, M., & Joula. (2022). Analisis Biaya Menurut Metode Full Costing Untuk Pengambilan Keputusan Menerima.

Octavia Magdalena, H. (2022). Internasional Journal of Islamic Religious. 1(1), 13–21.

Pusung, R., Saerang, D., & Mandagi, W. (2014). Analisis Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menjual Atau Memproses Lebih Lanjut Produk Pada PT. Fortuna Inti Alam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1043–1054.

Putri, M. K. (2017). Analisis Penerapan Biaya Standar Sebagai Pengendalian Biaya Produksi. Kartasura Surakarta.

Rayburn, L, G. (2014). Akuntansi Biaya dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya (Jilid 1. E).

Rizal, A. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Pendekatan Direct Costing Pada PT. Bumi Sarana Beton Oleh Andi Rizal.

Wild, John., Shaw, W. K. (2020). Managerial Accounting (McGralw-Hill Irwin (ed.); Edition 5t). New York. NY, 10020.

Published
2024-06-01
How to Cite
Avionita, V., Huda, S., Abela, M. G., Qudsiyyah, Z. C., & Awalia, A. (2024). Analisis Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan untuk Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada UMKM Roti Devy. Tangible Journal, 9(1), 65-76. https://doi.org/10.53654/tangible.v9i1.457