MEMPERKENALKAN EKONOMI DIGITAL DAN STRATEGI KESUKSESAN UNTUK REMAJA

  • Rif’ah Shafwah Universitas Pepabri Makassar
  • Masradin Masradin Universitas Pepabri Makassar
  • Aigistina Aigistina Universitas Pepabri Makassar
  • Maya Indriani Yacob Impak Universitas Pepabri Makassar
  • Muhammad Ilyas Thamrin Tahir Universitsas Negeri Makassar
  • Akbar Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Brebes
  • Afiah Mukhtar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma Nusantara

Abstract

Dunia digital dianggap sebagai motor penggerak yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Generasi muda sebagai penggerak utama dari ekonomi digital sehingga diperlukan pemahaman yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep ekonomi digital kepada remaja, sekaligus menyusun strategi yang relevan untuk membantu kelompok remaja mengoptimalkan potensi di dunia digital. Melalui kegiatan pengabdian masayarakat, remaja tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga menjadi pelaku aktif yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital. Kegiatan ini melibatkan 40 peserta dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi yang diundang melalui penyebaran flyer di grup mahasiswa Universitas Pepabri Makassar dan STIKES Brebes kelompok usia 19–21 tahun dengan dua sesi pemaparan materi disampaikan oleh para ahli di bidangnya. Data observasi partisipasi peserta dilakukan melalui kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan, dengan 90% peserta menyatakan bahwa tema kegiatan relevan dengan kebutuhannya. Kegiatan ini memberikan wawasan kepada peserta tentang prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam aktivitas online, seperti transaksi digital, belanja online dan penggunaan teknologi finansial (fintech) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi era digital, selain itu pengelolaan laporan keuangan sederhana menggunakan aplikasi digital dan pengelolaan keuangan dalam konteks bisnis kecil dan keuangan pribadi juga diperlukan di era digital.

References

Buwono, S., Abubakar, L., & Handayani, T. (2022). Kesiapan Perbankan Menuju Transformasi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Financial Technology (FINTECH). Jurnal Poros Hukum Padjadjaran. https://doi.org/10.23920/jphp.v3i2.764.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., ... & Rindi Wulandari, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Istiqomah, N. H. (2023). Transformasi Pemasaran Tradisional ke e-Marketing: Tinjauan Literatur tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(2), 72-87.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. American Economic Journal: Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44.

Poetro, B. S. W., & Mulyono, S. (2024). Meningkatkan Kreativitas Remaja Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Melalui Pelatihan Content Creator Menggunakan CapCut. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 2993-3001.

Rifai, D., Fitri, S., Ramadhan, I. N., & Ramadan, R. (2022). Perkembangan Ekonomi Digital Mengenai Perilaku Pengguna Media Sosial Dalam Melakukan Transaksi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(1), 49-52.

Sabirin, A., & Herfian, R. (2021). Dampak Ekosistem Digital terhadap Hukum Persaingan Usaha di Indonesia serta Optimalisasi Peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Era Ekonomi Digital. Jurnal Persaingan Usaha. https://doi.org/10.55869/kppu.v2i.23.

Sunarta, D. A. (2023). Kaum milenial di perkembangan ekonomi digital. Economic and Business Management International Journal (EABMIJ), 5(1), 9-16.

Vial, G. (2021). Understanding digital transformation: A review and a research agenda. Managing digital transformation, 13-66.

Yulianti, Y., Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Raharani, F. A. N., Mukarromah, S., & Azzahra, N. I. (2021). Pentingnya literasi digital di era pandemi. Jurnal Implementasi, 1(2), 162-168.
Published
2024-12-10
How to Cite
Shafwah, R., Masradin, M., Aigistina, A., Yacob Impak, M. I., Thamrin Tahir, M. I., Akbar, A., & Mukhtar, A. (2024). MEMPERKENALKAN EKONOMI DIGITAL DAN STRATEGI KESUKSESAN UNTUK REMAJA. Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 65-73. https://doi.org/10.53654/ar.v3i2.564
Section
Articles