http://ojs.stie-tdn.ac.id/index.php/Ar/issue/feedArunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat2024-12-10T07:25:09+00:00LPPM STIE Tri Dharma Nusantaralppm@stie-tdn.ac.idOpen Journal SystemsArunika: Jurnal Pengabdian Masyarakathttp://ojs.stie-tdn.ac.id/index.php/Ar/article/view/522IMPLEMENTASI PRODUKSI BROADCAST PADA MENTORING PEMBUATAN VIDEO KREATIF SANTRI PONDOK PESANTREN BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR, PROGRAM SANTRI DIGITALPRENEUR INDONESIA 20242024-12-10T07:25:09+00:00Alhadi Nelsaalhadinelsa@ump.ac.idTegar Roli Anugrafiantotegarrolianugrafianto@ump.ac.id<p><em>Kemampuan memproduksi konten video kreatif, menjadi kebutuhan esensial di era digital yang semakin berkembang. Aktivitas dakwah penyebaran informasi positif dituntut untuk menyesuaikan perkembangan era digital. Media video merupakan alat komuikasi efektif mendukung potensi santri di pondok pesantren. Namun, keterbatasan kurikulum di pondok pesantren masih menjadi tantangan dalam pengembangan kemampuan ini. Program pelatihan dan pendampingan Santri Digitalpreneur yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio, hadir untuk meningkatkan kemampuan santri dalam pembuatan video kreatif. Kegiatan berlangsung selama empat hari diselenggarakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat, Balikpapan, dengan peserta yang dipilih melalui proses seleksi dari sepuluh pesantren di Balikpapan yang sudah memiliki kurikulum atau ekstrakurikuler terkait produksi video. Total lima puluh santri terlibat dalam pelatihan ini dibagi kelompok-kelompok dengan peran spesifik, dalam proses produksi video mulai dari pra-produksi, produksi, pasca-produksi, hingga rancangan publikasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan teknis dan kreativitas peserta. Video yang dihasilkan dirancang untuk dipublikasikan melalui akun media sosial resmi masing-masing pondok pesantren. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa santri mampu memahami dan menerapkan proses produksi video secara sistematis, menghasilkan karya kreatif yang mendukung dakwah. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang diharapkan dapat mendorong pondok pesantren untuk terus mengembangkan keterampilan digital santrinya, sehingga mampu berkontribusi positif dalam penyebaran dakwah melalui media video</em></p>2024-12-10T06:48:28+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.stie-tdn.ac.id/index.php/Ar/article/view/564MEMPERKENALKAN EKONOMI DIGITAL DAN STRATEGI KESUKSESAN UNTUK REMAJA2024-12-10T07:25:09+00:00Rif’ah Shafwahshafwahrifah@gmail.comMasradin Masradinadinmasradin@gmail.comAigistina Aigistinashafwahrifah@gmail.comMaya Indriani Yacob Impakshafwahrifah@gmail.comMuhammad Ilyas Thamrin Tahirshafwahrifah@gmail.comAkbar Akbarshafwahrifah@gmail.comAfiah Mukhtarshafwahrifah@gmail.com<p><em>Dunia digital dianggap sebagai motor penggerak yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Generasi muda sebagai penggerak utama dari ekonomi digital sehingga diperlukan pemahaman yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep ekonomi digital kepada remaja, sekaligus menyusun strategi yang relevan untuk membantu kelompok remaja mengoptimalkan potensi di dunia digital. Melalui kegiatan pengabdian masayarakat, remaja tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tetapi juga menjadi pelaku aktif yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital. Kegiatan ini melibatkan 40 peserta dari berbagai latar belakang sosial dan ekonomi yang diundang melalui penyebaran flyer di grup mahasiswa Universitas Pepabri Makassar dan STIKES Brebes </em>kelompok usia 19–21 tahun<em> dengan dua sesi pemaparan materi disampaikan oleh para ahli di bidangnya. Data observasi partisipasi peserta dilakukan melalui kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan, dengan 90% peserta menyatakan bahwa tema kegiatan relevan dengan kebutuhannya. Kegiatan ini memberikan wawasan kepada peserta tentang prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam aktivitas online, seperti transaksi digital, belanja online dan penggunaan teknologi finansial (fintech) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi era digital, selain itu pengelolaan laporan keuangan sederhana menggunakan aplikasi digital dan pengelolaan keuangan dalam konteks bisnis kecil dan keuangan pribadi juga diperlukan di era digital.</em></p>2024-12-10T06:50:49+00:00##submission.copyrightStatement##