IMPLEMENTASI PRODUKSI BROADCAST PADA MENTORING PEMBUATAN VIDEO KREATIF SANTRI PONDOK PESANTREN BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR, PROGRAM SANTRI DIGITALPRENEUR INDONESIA 2024

  • Alhadi Nelsa Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tegar Roli Anugrafianto 2Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Kemampuan memproduksi konten video kreatif, menjadi kebutuhan esensial di era digital yang semakin berkembang. Aktivitas dakwah penyebaran informasi positif dituntut untuk menyesuaikan perkembangan era digital. Media video merupakan alat komuikasi efektif mendukung potensi santri di pondok pesantren. Namun, keterbatasan kurikulum di pondok pesantren masih menjadi tantangan dalam pengembangan kemampuan ini. Program pelatihan dan pendampingan Santri Digitalpreneur yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio, hadir untuk meningkatkan kemampuan santri dalam pembuatan video kreatif. Kegiatan berlangsung selama empat hari diselenggarakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Pusat, Balikpapan, dengan peserta yang dipilih melalui proses seleksi dari sepuluh pesantren di Balikpapan yang sudah memiliki kurikulum atau ekstrakurikuler terkait produksi video. Total lima puluh santri terlibat dalam pelatihan ini dibagi kelompok-kelompok dengan peran spesifik, dalam proses produksi video mulai dari pra-produksi, produksi, pasca-produksi, hingga rancangan publikasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan teknis dan kreativitas peserta. Video yang dihasilkan dirancang untuk dipublikasikan melalui akun media sosial resmi masing-masing pondok pesantren. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa santri mampu memahami dan menerapkan proses produksi video secara sistematis, menghasilkan karya kreatif yang mendukung dakwah. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang diharapkan dapat mendorong pondok pesantren untuk terus mengembangkan keterampilan digital santrinya, sehingga mampu berkontribusi positif dalam penyebaran dakwah melalui media video

References

Professional Convention Management Association (PCMA). 2015. Professional Meeting Management: A Guide to Meetings, Conventions, and Events. Agate Publishing, Incorporated.
Brown, A. H., and T. D. Green. 2015. The Essentials of Instructional Design: Connecting Fundamental Principles with Process and Practice, Third Edition. Taylor & Francis.
Dian Aulia Citra Kusuma, Imam Sujadi, Isnandar Slamet. 2023. Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(1):256–68. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5911.
Fathurrohman, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi Dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.
Hartley, J., J. Burgess, and A. Bruns. 2015. A Companion to New Media Dynamics. Wiley.
Irwan Muhammad Ridwan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Teaching and Learning Physics 4(1):21–27. doi: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3697.
Kementrian Agama RI. 2022. “Jumlah Pondok Pesantren, Guru, Dan Santri Menurut Provinsi.” SATU DATA Kementrian Agama RI. Retrieved August 26, 2024 (https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-pondok-pesantren,-guru,-dan-santri-menurut-provinsi).
Lule, J. 2012. Globalization and Media: Global Village of Babel. Rowman & Littlefield.
Mayer, R. E. 2009. Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Miller, C. H. 2014. Digital Storytelling: A Creator’s Guide to Interactive Entertainment. CRC Press.
Ratih Rahmawati, Firma Andrian. 2022. “Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa.” BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(3):236–41.
Wiggins, G. P., and J. McTighe. 2005. Understanding by Design. Association for Supervision and Curriculum Development.
Published
2024-12-10
How to Cite
Nelsa, A., & Anugrafianto, T. R. (2024). IMPLEMENTASI PRODUKSI BROADCAST PADA MENTORING PEMBUATAN VIDEO KREATIF SANTRI PONDOK PESANTREN BALIKPAPAN, KALIMANTAN TIMUR, PROGRAM SANTRI DIGITALPRENEUR INDONESIA 2024. Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 50-64. https://doi.org/10.53654/ar.v3i2.522
Section
Articles