SOSIALISASI DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)
Abstract
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian Nasional. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pemasaran UMKM salah satunya adalah penggunaan digital marketing. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan digital marketing melalui penggunaan e-commerce untuk
meningkatkan pemasaran UMKM. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk UMKM yang produktif dan mengikuti perkembangan zaman. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan. Kondisi ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM untuk mempraktekkan ilmu yang didapat, sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.
References
Asmawiyah, A., Kapriani, K., Basar, N. F., Nurjaya, N., Hariyanti, H., Aisyah, N., & Anggraeni, D. (2022). Sosialisasi Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Era Digitalisasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(9), 2993-3001
Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid19. Jurnal ekonomi, manajemen, bisnis, dan sosial (embiss), 1(2), 126-131.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.
Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39-50.
Manullang, A. K., Puspa, T., & Wardini, A. K. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 107–119.