DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMAN 1 KOTA MADIUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Asuh Orang Tua, Dukungan Keluarga, dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 Kota Madiun. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPS 1 dengan jumlah 32 siswa, IPS 2 29 siswa, dan IPS 3 31 siswa. Jumlah keseluruhan 92 siswa. Jenis penelitian kuantitatif, metode analisis data yang digunakan adalah analisis data regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Jumlah populasi sebanyak 92 siswa. Sampel menggunakan seluruh populasi dengan jumlah 92 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh, dukungan keluarga dan gaya belajar juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 1 Kota Madiun.
Downloads
References
Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktek. Buku Kedokteran EGC.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik. Pustaka Pelajar.
Gunawan, A. W. (2012). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Artikel
Chania, Y., Haviz, M., Sasmita, D., Sudirman, J., Kubu, N., & Limokaum, R. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal Of Sainstek, 8(1), 77–84.
Dasmo, Binoardi, H., & A’ini, Z. F. (2011). Peran Pola Asuh Orang tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 1(1), 17–28.
Fitriyani, L. (2015). Peran pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak. Lentera, XVIII(1), 93–110.
Mariyaningrum, T. E. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Intensitas Dukungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Negeri 7 Purworejo. Oikonomia, 3(4), 385–392.
Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 85–98.
Ndore, S., Sulasmini, & Hariyanto, T. (2017). Dukungan Keluarga Berhubungan Dengan Kepuasan Interaksi Sosial Pada Lansia. Jurnal Care, 5(2), 256–262.
Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 1(2), 237–249.
Rahman, A. A., & Yanti, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, IV(2), 1–6.
Rohmat. (2010). Keluarga dan Pola Pengasuhan Anak. Jurnal Studi Gender & Anak, 5(1), 35–46.
Rusdiana, H., Sumardi, K., & Arifiyanto, E. S. (2014). Evaluasi hasil belajar menggunakan penilaian autentik pada mata pelajaran kelistrikan sistem refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 274–283.
Sari, T. I. (2015). Hubungan Gaya Pengasuhan Orangtua Tipe Enabling dengan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 1–10.
Subagia, I. W., & Wiratman, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39–54.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037
Anda dapat menuliskan informasi tentang kebijakan hak cipta.