Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Dasar

  • Rara Ulfah Ikhtiarini FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Supri Wahyudi Utomo FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Nur Wahyuning Sulistyowati FKIP Universitas PGRI Madiun
Keywords: Metode Mengajar, Media, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode mengajar dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi di SMAN 4 Madiun. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XII IPS tahun 2019/2020 yang berjumlah 114 siswa. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 89 siswa dengan teknik simpel random sampling sehingga pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa melihat latar belakang siswa. Sumber data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh metode mengajar karena siswa akan lebih termotivasi apabila metode mengajar lebih bervariasi. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran karena siswa akan lebih termotivasi apabila guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan lebih modern. Motivasi belajar siswa SMAN 4 Madiun dipengaruhi oleh metode mengajar dan media pembelajaran karena siswa akan lebih tertantang dan lebih semangat apabila metode dan media pembelajaran lebih bervariasi dan lebih menarik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, R. F. (2014). Pengaruh Metode Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Kab. Kudus. Inferensi, 6(2), 225. https://doi.org/10.18326/infsl3.v8i1.225-243
Budiywono, E. (2017). Pengaruh Variasi Metode Mengajar Guru Pai Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Semester Genap Smpn 3 Satu Atap Siliragung Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016. Viii(2), 259–275.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. jakarta: Rineka Cipta.
dirman, & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar Dan Prinsip-Prinsip Pembelajar Yang Mendidik (H. Nufus, ed.). jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S., & Zain, Azwan. (2013). Strategi Belajar Mengajar (5th Ed.). jakarta: PT Rineka Cipta.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hidayat, R., & Hati, R. P. (2017). Pengaruh Kualitas Dosen dan Metode Mengajar terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Riau Kepulauan Batam). Jurnal Equilibiria, 4(1), 1–20.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144. https://doi.org/2502-6445
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Nusantara (Ilmu Pengetahuan Sosial), 1(1), 3.
Nurfarhanah. (2018). Perspektif teori behavioristik dalam belajar dan pembelajaran. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(November), 2–12. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30139.67368
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Uno, H. (2019). Teori Motivasi Dan Pengukurannya (1st Ed.; Junwinanto, Ed.). jakarta: PT Bumi Aksara.
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72.
Zuhro, C. (2016). Pengaruh Sikap, Motivasi Dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mkdu Bahasa Inggris Di Politeknik Negeri Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(1), 75–83. https://doi.org/10.25047/jii.v16i1.7
Published
2021-05-30
How to Cite
Ikhtiarini, R., Utomo, S., & Sulistyowati, N. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Dasar. Tangible Journal, 6(1), 102 - 110. https://doi.org/10.47221/tangible.v6i1.138
Section
Articles