Pelatihan Pengelolaan Open Journal Systems (OJS) Versi 3

2021-01-23

Open Journal Systems (OJS) merupakan sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dan website. OJS meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses penyerahan naskah penulis, peer review, pengeditan, publikasi, pengarsipan dan indeks jurnal. OJS juga membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpan jalur hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, dan bantuan menggunakan koresponden.

OJS merupakan sistem yang fleksibel dan dapat diukur. Sebuah instalasi OJS dapat mendukung pengoperasian beberapa jurnal. Setiap jurnal memiliki keunikan URL dan juga layout tersendiri. OJS bisa membuat seorang editor untuk mengatur seluruh aspek jurnal dan website jurnal, atau OJS akan mendukung tim editor internasional dengan berbagai tanggung jawab terhadap beberapa bagian jurnal.

OJS menganut prinsip akses berkelanjutan. Sistem ini tidak hanya dimaksudkan untuk membantu penerbitan jurnal, tapi untuk mendemonstrasikan bagaimana cara mengurangi biaya penerbitan jurnal pada poinnya dan menyediakan pembaca dengan "open access" pada isi jurnal mungkin merupakan pilihan yang tepat. Masalah bagi open access muncul secara jelas di setiap artikel berawal dari proyek ini yang bisa diakses secara bebas di bawah penerbitan website.

PROSES EDITORIAL

OJS memindahkan naskah ke jurnal melalui 5 tahap di proses pengeditan yang akan diatur oleh seorang editor atau lebih.

  1. Antrian Penugasan: item dimulai disini dan diberikan kepada editor.
  2. Review Naskah: item melalui peer review dan keputusan untuk pengeditan.
  3. Pengeditan Naskah: item melalui copyediting, layout, dan proofreading. Naskah tersebut segera siap untuk dipublikasikan.
  4. Daftar Isi: item diurutkan untuk publikasi dan diterbitkan.
PERAN EDITOR (Ditugaskan di Manajemen Jurnal)
  • Pengelola Jurnal: Mengatur jurnal dan fungsi staf editor (bisa juga berperan sebagai editor).
  • Editor: Mengawasi proses pengeditan; bisa menugaskan naskah kepada bagian pengeditan untuk menyelesaikan tinjauan naskah; bertanggung jawab dalam pengaturan isi dan penerbitan jurnal.
  • Editor Bagian: Mengawasi review naskah dan kemungkinan pengeditan naskah yang ditugaskan.
  • Copyeditor : bertugas untuk memperbaiki naskah yang berkaitan dengan tata bahasaa (grammar) dan kejelasan, mengajukan pertanyaan kepada penulis tentang kemungkinan error dan memastikan keabsahan bibliografi dan cara penulisan jurnal.
  • Editor Layout :mengubah naskah yang telah  digandakan dan melewati proses penyuntingan (editing) menjadi tulisan di HTML, PDF dan/atau PS file dalam format yang tepat untuk penerbitan secara elektronik.
  • Proofreader: membaca tulisan untuk tipografi dan format error.

Bagi saudara (i) peserta pelatihan dapat mengunduh sertifikat pelatihan di sini