Menelusuri Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada E-Commerce: Sebuah Kajian Literature

  • Yovita Frita Nabila University
  • Fajar Ramadhan
Keywords: Marketplace, E-commerce, Purchase Decision, Consumer Behavior

Abstract

Abstrak: Potensi pertumbuhan transaksi e-commerce di Indonesia tampak optimis. Nilai transaksi telah menunjukkan lintasan kenaikan yang konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Bank Indonesia (BI) telah memproyeksikan bahwa total nilai transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan mencapai Rp 476,3 triliun pada tahun 2022. Untuk meningkatkan kinerja mereka, para pemasar dapat memperoleh keuntungan dengan memperoleh pemahaman menyeluruh tentang proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh calon pelanggan ketika mempertimbangkan pembelian melalui perdagangan elektronik. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini akan menggunakan metodologi Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) untuk secara metodis mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasikan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen dalam konteks perdagangan elektronik. Hasilnya, telah ditentukan bahwa banyak faktor yang memberikan dampak substansial pada keputusan pembelian konsumen dalam ranah perdagangan elektronik. Faktor-faktor ini termasuk tetapi tidak terbatas pada kualitas produk, peringkat produk, ulasan produk, dan harga produk. Variabel tambahan yang dapat memengaruhi pilihan pembelian termasuk kualitas informasi, kepercayaan, keamanan, kualitas layanan, risiko yang dirasakan, dan niat untuk melakukan pembelian.

Kata Kunci: Marketplace, E-commerce, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen

Abstract: The growth potential of e-commerce transactions in Indonesia looks optimistic. Transaction values have shown a consistent upward trajectory in recent years. Bank of Indonesia (BI) has projected that the total value of e-commerce transactions in Indonesia is expected to reach IDR 476.3 trillion in 2022. To improve their performance, marketers can benefit by gaining a thorough understanding of the decision-making process carried out by candidates customers when considering purchases through electronic commerce. To achieve this goal, this research will use the Systematic Literature Review (SLR) methodology to methodically identify, assess, and interpret the variables that may influence consumer buying behavior in the context of e-commerce. As a result, it has been determined that many factors have a substantial impact on consumer decisions in the realm of e-commerce. These factors include but are not limited to product quality, product ratings, product reviews, and product prices. Additional variables that can affect purchase choices include quality of information, trust, security, quality of service, perceived risk and intention to make a purchase.

 

Published
2024-02-01
Section
Articles